SEJARAH

Fosmatren adalah akronim dari Forum Silaturahmi Motivator Pemberdayaan MAsyarakat Lingkar Pesantren. Inilah yang kemudian dikukuhkan sebagai nama lembaga yang berdiri di Pesantren Pertanian Darul Fallah Ciampea-Bogor pada tanggal 5 Agustus 2007, yang kemudian dicatatkan di hadapan Notaris Hj. Dewi Riza pada tanggal 3 Desember 2007 dengan nomor : 01 (satu).

TUJUAN

Secara Umum Fosmatren memliliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan sumberdaya manusia yang kualitatif dan kuantitatif, sebagai motivator dan fasilitator dalam membangun kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat. Secara Khusus Fosmatren bertujuan :

  1. Meningkatkan kualitas komunikasi melalui kegiatan komunikasi
  2. Menggalang hubungan konsultatif dan hubungan kerja dengan dinas-dinas dan instansi terkait
  3. Memfasilitasi pembentukan jaringan kerja dan membentuk mitra binaan
  4. Meningkatkan kesadaran bagi masyarakat terhadap kepedulian ketahanan, kehalalan dan kesehatan pangan.

KEGIATAN

Rangkaian aktifitas yang hasil akhirnya adalah peningkatan kesadaran berjamaah dalam kelompok usaha seperti kelompok tani, kelompok wanita tani, kelompok usaha bersama, maupun kesadaran berkoperasi. Peningkatan kesejahteraan masyarakat digalang melalui program kegiatan perekonomian yang meliputi ; Memfasilitasi pengembangan usaha home industri dibidang kerajinan dan makanan olahan, Memfasilitasi pengembangan usaha perikanan dan pengembangan kelompok tani ikan, Menggulirkan program bina keluarga tani dengan kelompok tani hutan seluas 42 Ha, Menggulirkan program bina keluarga tani komoditi palawija dengan kelompok tani seluas 39 Ha, Menggulirkan program bina keluarga tani peternak domba sebanyak 215 ekor.