LATAR BELAKANG

Pesantren Pertanian Darul Fallah sudah memiliki embrio usaha agribisnis dan mempunyai kemauan untuk mengembangkan agribisnis serta potensi sumberdaya yang mendukung sejak berdirinya tahun 1960. Pondok Pesantren Pertanian Darul Fallah sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan pengembangan masyarakat telah memiliki unit-unit usaha agribisnis sebagai pendukung kegiatannya, Usaha-usaha yang dikembangkan di Darul Fallah antara lain: Peternakan sapi perah, peternakan domba, Peternakan kambing perah, Produk pupuk bokashi, Pembibitan tanaman baik secara konvensional maupun dengan teknologi kultur jaringan, perikanan, budidaya tanaman hortikultura, pengolahan hasil pertanian yaitu produksi nata de coco, jelly serta sirup lidah buaya.

Pada tahun 1998/1999 Pesantren Pertanian Darul Fallah melalui Proyek Peningkatan Ketahanan Pangan Nasional Pemberdayaan Masyarakat Petani, Badan Agribisnis Departemen Pertanian RI, PP. Darul Fallah ditunjuk sebagai pengelola LM3/KKA (Klinik Konsultasi Agribisnis). Dengan mendapat pembinaan/mengikuti Magang/Latihan “Petugas LM3” yang diselenggarakan selama 10 hari yaitu pada bulan Januari 1999, bertempat di Pusat Inkubator Agribisnis Al-Ittifak, Ciwidey, Kab. Bandung. Pada Tahun 1999 Mulailah direalisasikan usaha tani oleh Kelompok Tani yang berada dalam pembinaan LM3 Darul Fallah, terdapat 2 kelompok tani TPH (Kebun Pisang) dan 2 Kelompok Tani Peternakan Domba, dari program JPS Departemen Pertanian. Pada Tahun 2004 LM3 Darul Fallah mengajukan proposal untuk pengembangan peternakan Sapi Perah dan Penggemukan Domba, yang kemudian direalisasikan penanda-tanganannya di Pondok Pesantren Sunan Drajat, Jawa Timur. Pada Tahun 2005 LM3 Darul Fallah menerima peralatan Pertanian dan Peternakan. Pada Tahun 2006 LM3 Darul Fallah mengajukan proposal kepada dua Dirjen, Dirjen PSDM Departemen Pertanian melalui Balai Besar Agribinis Kesehatan Hewan Cinagara di alokasikan untuk pengolahan susu, kemudian sebagai LM3 model menjadi P4S mendapatkan program dari Dirjen P2HP yang dialokasikan untuk pabrik pakan dan ternak. Dan pada Tahun 2007 kembali dipercaya untuk mengelola dan melaksanakan program pemasaran hasil pertanian dan peternakan.

TUJUAN LM3

Darul Fallah Secara UMUM Adalah; untuk Mengaktualisasi dan mengoptimalkan potensi usaha agribisnis di Pesantren Pertanian Darul Fallah sehingga memiliki keunggulan ;Komparatif, Kompetitif Dan Berkelanjutan. Secara KHUSUS dari pengembangan usaha agribisnis LM3 ini adalah:

  1. Agribisnis peternakan sebagai unggulan PP. Darul Fallah sehingga mampu mendorong berkembangnya unit usaha agribisnis lainnya.
  2. Mengoptimalkan sinergi antar unit usaha agribisnis dalam rangka usaha agribisnis terpadu yang telah ada di PP Darul Fallah.
  3. Menciptakan Kemitraan dengan masyarakat lingkar pesantren melalui kemitraan produksi dan pemasaran.
  4. Melatih warga pesantren dan masyarakat dalam meningkatkan kemampuan penegtahuan,keterampilan dan sikap kewirausahaan bidang produksi agribisnis.

KEGIATAN LM3

PENGEMBANGAN USAHA & PEMBERDAYAAN Secara UMUM Sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kemampuan dan kemandirian LM3 dalam mengelola usaha agribisnis
  2. Mengembangkan kelembagaan ekonomi LM3 seperti : Koperasi dan Lembaga keuangan mikro (LKM)
  3. Memfungsikan LM3 sebagai pusat Pelatihan dan Pemberdayaan Masyrakat (agent of development) secara KHUSUS sebagai berikut :
    1. Mendorong tumbuhnya LM3 sebagai embrio pembentukan inti kawasan agribisnis
    2. Mengembangkan usaha agribisnis dan agroindustri di sekitar lokasi LM3
    3. Mengembangkan kemitraan dan jaringn agribisnis terpadu serta
    4. Meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar LM3.