MADRASAH ALIYAH DAN MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALLAH

Menggunakan Kurikulum yang merujuk pada Kurikulum Nasional Departemen Agama dan Departemen Pendidikan Nasional yang disempurnakan dengan muatan lokal terutama Jiwa Kemandirian, MIPA dan Agama.

KURIKULUM MADRASAH TSANAWIYAH (MTS)

Mata Pelajaran Depag
Quran Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam.
Mata Pelajaran Diknas
PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Sejarah, Ekonomi, Georafi, Olah Raga dan Kesehatan, Seni Budaya, Teknologi Dan Informasi Komunikasi.
Mata Pelajaran Keterampilan
Tata Busana/ Tata Boga, Budi Daya Tanaman, Proyek Pertanian, Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
Mata Pelajaran Kepesantrenan
Tauhid, Akhlaq LilBanin/Banat, Hafalan Do’a, Hafalan Hadits, Hafalan Al-Qur’an, Mahfudzot, Mutholaah, Imla, Khot, Kuliah Umum, Bimbingan Tadarrus Al-Qur’an.

KURIKULUM MADRASAH ALIYAH TERPADU (MAT)

Mata Pelajaran Depag
Quran Hadits, Aqidah Akhlaq, Fiqih, Bahasa Arab, Sejarah Kebudayaan Islam.
Mata Pelajaran Diknas
PPKn, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Sejarah, Ekonomi, Georafi, Sosiologi, Akuntansi, Olah Raga Dan Kesehatan, Seni Budaya, Teknologi Dan Informasi Komunikasi.
Mata Pelajaran Keterampilan
Tata Busana, Budi Daya Tanaman, Proyek Pertanian, Tekh. Peng. Magang Kewirausahaan, Pengelolaan Hasil Pertanian (PHP), Budidaya, Perikanan, Pertukangan, Koperasi, Bimbingan dan Penyuluhan (BP).
Mata Pelajaran Kepesantrenan
Ilmu Tafsir, Fiqh Da’wah, Fiqh Muqarin, Ushul Fiqh, Ilmu Hadits, Mahfudzat, Imla, Khat, Bulughul Maram, Ilmu Tauhid, Tafsir Jalalain, Adabu At Thalib, Tarjamah Lafziyah, Al-Mufradat, Mukhtarul Hadits, Muhadatsah, Nahwu & Sharaf, Kuliah Umum, Ilmu Tajwid, Bimbingan Tadarrus Al-Qur’an.

Program Pertukaran Pelajar Darul Fallah

Dipercaya oleh Lembaga Bina Antar Budaya untuk mengikut sertakan santri tingkat Madrasah Aliyah pada program AFS/YES dalam pertukaran pelajar ke Amerika & Jepang. Dari tahun pelajaran 2003 sampai sekarang, telah diberangkatkan sebanyak 10 orang santri. Insya Allah, pada bulan juli 2009 mendatang, akan diberangkatkan 4 orang santri sebagai duta Indonesia dengan negara tujuan Amerika Serikat dan sekitarnya.

Magang/Praktek Lapang

Pada tahun terakhir pendididikan di tingkat Madrasah Aliyah Terpadu, santri diharuskan mengikuti kegiatan Magang/Praktek Lapang di berbagai instansi/perusahaan di luar pesantren, terutama yang berhubungan dengan bidang pertanian secara luas. Hal yang harus dilakukan santri dalam kegiatan magang antara lain : membuat usulan tempat magang, maksud dan tujuannya, melaksanakan magang sesuai dengan usulan, membuat laporan dan mempresentasikan di depan dewan guru.

Kegiatan Pertanian Santri

Dikelompokkan sesuai dengan minat dan kemampuannya dalam kegiatan pertanian secara menyeluruh. Hal ini dimaksudkan untuk menanamkan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola proyek pertanian dalam skala kecil. Kegiatan ini meliputi perencanaan, budidaya, pemanenan dan pemasaran dalam bidang holtikultura, palawija, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan serta pengolahan hasil pertanian. Santri harus mampu memperkirakan biaya, waktu, luas areal, sarana dan prasarana yang dibutuhkan, teknik budidaya yang akan diterapkan, pengolahan pasca panen, perkiraan hasil dan harga jual serta tingkat keuntungannya.

Santri Karya

Santri juga diikutkan dalam kegiatan unit usaha produksi yang ada di lingkungan pesantren sebagai santri karya, dengan harapan program ini dapat menanamkan jiwa wirausaha kepada para santri guna mencapai kemandirian. Unit usaha yang dapat diikuti antara lain : PT. DaFa Teknoagro Mandiri, Unit usaha peternakan, Koperasi pondok pesantren, Unit usaha pengolahan hasil pertanian,, Pertukangan dan perbengkelan, Unit usaha perikanan, Unit usaha pusat pelatihan.