Pusat Pelatihan ( Training Centre )

PUSAT PELATIHAN DARUL FALLAH (DIKLAT)

Mulai menyelenggarakan pelatihan Pada tahun 1968, yaitu pelatihan Peningkatan Produksi Ternak Unggas (PPTU). Latihan ini ditujukan kepada para peminat yang mendapat rekomendasi dari organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan atau dari Kepala Desa asal peserta. Sejak saat itu babak baru di DaFa Training Center dimulai, yaitu penyelenggaraan pelatihan secara kontinyu, setiap tahunnya berkisar antara 2–6 angkatan. Setiap angkatan diikuti sekitar 5-30 peserta. Selama masa 40 tahun telah terselenggara lebih dari 480 pelatihan dengan menghasilkan alumni pelatihan sebanyak lebih dari 14.400 peserta.

Pendidikan pelatihan dilaksanakan atas kerja sama yang baik antara DaFa Training Center, Lembaga yang konsisten bergerak di bidang pengembangan SDM dan SDA, Instansi Pemerintah, BUMN, perguruan tinggi serta organisasi sosial lainnya. Selain pelatihan yang dikelola oleh Pusat Pelatihan Darul Fallah, sejumlah organisasi atau sekolah menyelenggarakan pelatihan dengan meminjam tempat di gedung DIKLAT Pusat Pelatihan Darul Fallah. Kelompok atau organisasi ini membayar imbal jasa terhadap penggunaan fasilitas DaFa Training Center yang telah memenuhi standar fasilitas dari Dinas Pariwisata.

Metode pelatihan yang diterapkan adalah Metode-metode partisipatip dengan lebih banyak memberi kesempatan peserta bekerja aktif. Diantara para peserta pelatihan yang diutus oleh instansi pemerintah/BUMN terdapat yang beragama Kristen Protestan, Hindu Darma dan Roma Katolik. Dan juga tamu asing dari Belanda, Jepang, Australia, Amerika Serikat pernah menginap di pesantren.

Sumberdaya Manusia Yang DihasilkanPenyebaran Alumni DIKLAT Pelacakan terhadap alumni DIKLAT ternyata sulit, karena masih kurangnya komunikasi. Dapat disebutkan, terutama dalam penyebaran da’i (oleh organisasi sponsor) sejumlah propinsi terdapat da’i yang pernah dilatih di Darul Fallah. Sebagian besar da’i itu tersebar di propinsi-propinsi di luar Jawa, yang populer disebut daerah rawan. Para eks peserta latihan dari instansi pemerintah dan BUMN menyebar sesuai dengan tempat mereka di dinaskan dan sudah terjadi banyak mutasi.

POTENSI

  1. Berada di lingkungan pendidikan.
  2. Keterbukaan untuk menerima berbagai kalangan baik agama, maupun institusi.
  3. Potensi lahan dan sarana pendukung yang saling bersinergis.
  4. Potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang terampil dan profesional dalam pengelolaan.

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Pengembangan Masyarakat

Dalam Pengembangan

28/11/2019 11:22 WIB - Administrator
Agribisnis

Dalam Pengembangan

28/11/2019 11:07 WIB - Administrator
Profil SDIT Darul Fallah

28/11/2019 11:04 WIB - Administrator
Profil TK/RA

TK/RA Darul Fallah Merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran Islam untuk anak-anak usia 4-6 tahun. TK/RA Darul Fallah berdiri sejak tahun 1993 dan telah meluluskan 19 angkatan dengan

23/11/2019 16:19 WIB - Administrator
Profil Madrasah Aliyah & Tsanawiyah

MADRASAH ALIYAH DAN MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALLAH merupakan lembaga pendidikan pada Yayasan Pesantren Pertanian Darul Fallah yang telah berdiri sejak tahun 1960, ditengah luas lahan

23/11/2019 16:18 WIB - Administrator