Profil Madrasah Aliyah & Tsanawiyah

MADRASAH ALIYAH DAN MADRASAH TSANAWIYAH DARUL FALLAH

merupakan lembaga pendidikan pada Yayasan Pesantren Pertanian Darul Fallah yang telah berdiri sejak tahun 1960, ditengah luas lahan 26,5 Ha yang sejuk dan asri, menyediakan inovasi pendidikan bagi putra/putri anda dengan mengintegrasikan nilai-nilai ajaran Islam (IMTAQ) serta ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Dalam proses pendidikannya dikembangkan juga leadrship, life skill dan interpreneurship. Dengan SDM pendidik berdedikasi tinggi, berkompeten, dan berpengalaman, yang berasal dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Telah menghasilkan berbagai prestasi nasional diantarnya 30% lulusan Aliyah diterima di berbagai perguruan tinggi negeri, lolos seleksi pertukaran pelajar ke luar negeri (AFS) sejak tahun 2004, kader dakwah yang tersebar di lebih dari 25 provinsi di Indonesia.

METODE PENDIDIKAN

Proses pendidikan secara holistik melalui seluruh aktifitas selama 24 jam. Metode penyampaian melalui keteladanan, belajar di kelas dan alam terbuka, praktek dan belajar mandiri. Penggunaan metode accelerated learning, teknik membaca cepat, penyeimbangan penggunaan otak kanan dan kiri. Fokus penyelenggaraan pendidikan diarahkan pada 3 Dimensi Keunggulan yaitu : TAQWA : Aqidah yang benar, Ibadah yang baik, Akhlak yang Mulia CERDAS : Kemampuan intelektual, Kemampuan berkomunikasi, Kemampuan teknologi dan informasi MANDIRI : Jiwa kepemimpinan, Jiwa kewirausahaan, Kemampuan manajerial. Menerapkan suatu system pendidikan terpadu dari berbagai sisi seperti keterpaduan :

  1. Pendidikan agama dengan teknologi/ keterampilan (terutama Agribisnis).
  2. Pendidikan formal dengan non formal pesantren serta informal komunitas pesantren.
  3. Pendidikan intelektual (teori) dengan praktek penerapan usaha (kewirausahaan).
  4. Pendidikan pencapaian prestasi individual dengan semangat pelayanan.

VISI

Terwujudnya madrasah unggul yang mampu menghasilkan peserta didik yang beriman, bertakwa, cerdas, mandiri serta mempunyai wawasan lingkungan yang baik.

Indikator ketercapaian sebagai berikut :

  1. Unggul dalam keimanan yang benar, ketakwaan, ibadah yang baik dan akhlak yang Mulia.
  2. Unggul dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Unggul dalam jiwa kemandirian dan kewirausahan.
  4. Unggul dalam pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi dan kemandirian dalam berwirausaha.
  5. Unggul dalam prestasi akademik dan non akademik.
  6. Unggul dalam jiwa kepedulian terhadap lingkungan.

MISI

  1. Mewujudkan lingkungan madrasah yang religius
  2. Melaksanakan pembelajaran yang mengutamakan penguatan keimanan dan ketakwaan peserta didik.
  3. Melaksanakan pembelajaran yang mengutamakan pengamalan ibadah peserta didik yang baik dan mewujudkan pembentukan akhlak yang mulia.
  4. Mengembangan kemampuan peserta didik dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Mengembangkan jiwa kemandirian dan kewirausahan peserta didik.
  6. Melaksanakan pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai keislaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemandirian dalam berwirausaha.
  7. Melaksanakan pembelajaran yang mendorong penguasaan peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik.
  8. Melaksanakan pembelajaran yang mendorong peserta didik peduli terhadap lingkungan.

FASILITAS

Sarana Belajar

Ruang Kelas Lengkap, Lab. Komputer, Lab. IPA & Perpustakaan, Masjid putra/putri (terpisah), Asrama & ruang makan putra/putri (terpisah).

Sarana Penunjang

Lapangan Olahraga, Aula/Gedung Serba Guna, Camping Ground/Outbound, Laboratorium Kultur Jaringan, Sarana Perbengkelan & Keterampilan, Kantin/Warung Koperasi, Sarana Pendidikan Pertanian & lingkungan, Sarana Industri & Pengolahan Hasil Pertanian, Sarana Pusat Pelatihan (Training Center).

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Pengembangan Masyarakat

Dalam Pengembangan

28/11/2019 11:22 WIB - Administrator
Agribisnis

Dalam Pengembangan

28/11/2019 11:07 WIB - Administrator
Profil SDIT Darul Fallah

28/11/2019 11:04 WIB - Administrator
Pusat Pelatihan ( Training Centre )

PUSAT PELATIHAN DARUL FALLAH (DIKLAT) Mulai menyelenggarakan pelatihan Pada tahun 1968, yaitu pelatihan Peningkatan Produksi Ternak Unggas (PPTU). Latihan ini ditujukan kepada para pemi

23/11/2019 16:41 WIB - Administrator
Profil TK/RA

TK/RA Darul Fallah Merupakan lembaga pendidikan dan pengajaran Islam untuk anak-anak usia 4-6 tahun. TK/RA Darul Fallah berdiri sejak tahun 1993 dan telah meluluskan 19 angkatan dengan

23/11/2019 16:19 WIB - Administrator